Monday, December 12, 2005

Baralek H -1 " MALAM BAINAI "

Pagi-pagi bangun....hm...enaknya udara padang yang blum tercemar...

Tapi mama udah teriak2 ngingetin gw kalo hari ini gw ada janji untuk ke KUA buat nasehat pernikahan.
Wah..kelabakan, soalnya mama ngasi taunya dadakan, padahal rencananya pagi ini gw mo jemput foto buat pajangan di gedung.

Buru2 mandi, trus telpon damdy buat siap2 ke KUA, kita janjian disana jam 9 pagi.

Sampe di KUA, ih..payah..penghulunya blom dateng, gw ama damdy bengong gitu setengah jam-an. Eh...ada orang KUA disitu yang kasian kali yah liat gw ama damdy bengong2 gitu, finally kita sidang nikahnya sama orang KUA yang laen, bukan ama penghulu yang nanti bakalan nikahin kita.

Sejam-an gitu deh sidangnya, ditanyain ttg tujuan menikah, sudah apal blom ijab-qabulnya ama doa ketika melakukan hubungan suami-istri, trus hal-hal ttg kewajiban dan hak suami-istri.
Ternyata.... sidang nikah itu kayak ceramah agama.

Pulang dari KUA, gw jemput foto, dan langsung pulang, karena gw mo hapalin kata2 yang mesti gw ucapkan saat malam bainan ntar malam.

Wah.....asli, gw ngk bisa konsentrasi ngapal, gw udh stress duluan...

Jam 4-an tante yang mo ngerias gw datang, dia m ngerias gw buat acara malam bainai. Sehabis ngerias, gw sholat magrib dulu, sementara yang mo masang suning buat gw udh datang.

Wahhhh....gw masih blom hapal......!!!

Jam 8, acara malam bainai dimulai, sementara Uda dan keluarganya juga sudah datang dirumah gw.
Sayang, si uda blom boleh masuk, karena memang adatnya, gw blom boleh ketemu sampe acara nikah besok.

Acara malam bainai dimulai dengan gw keluar dari kamar pengantin dibimbing ama mbak lia (kakak perempuan gw), menuju tempat pemandian.
Ditempat pemandian, gw ditutup dengan kain songket padang oleh bang oki dan rio (sodara2 laki2 gw).



Gw ditempat pemandian



Siraman air kembang dan menaburkan beras kunyit dilakukan oleh nenek, dan sodara2 perempuan dari mama.

Setelah siraman, mama dan papa membimbing gw dari tempat pemandian menuju pelaminan untuk acara berikutnya. Sebelum pemasangan inai, gw melakukan sungkeman ke mama, papa, minta maaf, ucapan terimakasih dan mohon doa karena besok pagi gw akan menikah.

( Ngk nyangka..gw kira gw bakal lupa kata2 yang seharian tadi gw hapalin...miracle banget...gw inget tiap kata yang ingin gw sampeiin ke mama dan papa...)

Pas acara sungkeman ini sedih banget...gw ampe nangis gitu, mama, papa, sodara2 gw, bahkan famili2 yang datang ikutan nangis...hiks..hiks...



Selain ungkapan perasaan gw, mama dan papa juga memberikan nasehatnya buat gw.

Setelah ini dilanjutkan dengan acara pemasangan inai disetiap kuku jari tangan gw, ada sepuluh orang yang masangin, mama, calon mertua gw, dan famili2 perempuan..diakhiri dengan sobat deket gw, ija, buat ija..ini memeng suprise dari gw...sebelumnya dia ngk tau kalo bakal ikut memasangkan inai dijari kelingking gw yang terakhir...wah...acara jadi tambah seru...

ini temen gw ija....

Setelah inai dipasangkan kesepuluh jari...acara malam bainai pun selesai..dilanjutkan dengan makan dan dihibur dengan kesenian talempong adat minang.

Sementara gw duduk2 dan foto2 dengen temen2 dan sodara2.

Setelah tamu pulang, gw buka sunting...bersihin muka...trus tidur...persiapan buat nikah besok pagi....(gw tidur sekitar jam 12 malem...)

3 comments:

  1. Anonymous12:14 AM

    loooo kok pengantennya ada 2

    ReplyDelete
  2. Anonymous7:58 PM

    senengnya bisa melalui upacara adat....slamet yee....mudah mudahan aku bisa ngerasain

    ReplyDelete
  3. Anonymous8:04 PM

    senangnya melalui prosesi adat minang, semoga saya bisa melaluinya. amiiin

    ReplyDelete